Menyajikan Berbagai Info menarik meliputi Info Pendidikan dan Teknologi Informasi

Contoh Laporan Prajabatan Guru Aktualisasi ANEKA: BAB I Pendahuluan



Pendahuluan dalam sebuah karya tulis ibarat  gerbang tulisan. Olehnya itu, penulis harus menjelaskan secara menarik agar pembaca tertarik terhadap tulisan kita. Inti pendahuluan terletak pada latar belakang menulis persoalan. Model yang digunakan umumnya umum-khusus atau disebut model piramida terbalik. Pada model ini terlebih dahulu penulis membahas secara umum gambaran umum tulisan. Selanjutnya pada paragraaf berikutnya mengkrucut menguraikan fokus masalah/tulisan. Kemudian penulis membahas solusi yang ditawarkan terhadap  masalah yang diangkat dengan menampilkan bukti-bukti secara ilmiah. Pada paragraf terakhir membahas penguatan alasan diangkatnya tulisan/masalah tersebut. 

Menulis diibaratkan bagaimana penulis bisa menyampaikan apa yang ada dipikiran dan di hati agar pembaca mengerti maksud kita. Sebagai seorang penulis, ketika menulis latar belakang hendaknya penulis merangkai kalimat seolah-olah dunia akan runtuh jika penulis tidak menulis masalah ini. Sehingga tulisan kita benar-benar sesuai dari hati dan dapat meyakinkan para pembaca. Agar lebih dipahami, berikut contoh pendahuluan laporan prajabatan :


Gambar 1: Piramida Terbalik Pendahuluan








1. Contoh Bab Pendahuluan


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah penyelenggara pemerintah yang bekerja untuk melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh pejabat pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas serta mempererat persatuan dan kesatuan NKRI. ASN memiliki peranan yang penting dalam proses pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.
Setelah disahkannya Undang-undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN No. 5 Tahun 2014) maka ASN dituntut untuk memiliki kemampuan profesional dan berintegrasi tinggi pada profesi yang digelutinya.  Aturan ini menempatkan ASN sebagai sebuah profesi yang bebas dari intervensi politik dan akan menerapkan sistem karier terbuka yang mengutamakan profesionalitas, integritas dan transparansi.  Dalam menjalankan peranan tersebut ASN dituntut untuk memiliki nilai-nilai dasar PROFESI yakni Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan anti Korupsi yang disingkat ANEKA. Selain itu, dapat mengaktualisasikannya dalam memberi pelayanan kepada publik sehingga pelayanan prima bisa terwujud.
 Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), ditetapkan bahwa salah satu jenis diklat yang strategis untuk mewujudkan PNS sebagai bagian dari ASN yang profesional seperti tersebut di atas adalah Diklat Prajabatan. Diklat ini dilaksanakan dalam rangka membentuk nilai-nilai dasar profesi PNS. Kompetensi inilah yang kemudian berperan dalam membentuk karakter PNS yang kuat, yaitu PNS yang mampu bersikap dan bertindak profesional dalam melayani masyarakat.
Peserta diklat prajabatan  CASN Golongan III Angkatan IX Provinsi Sulawesi selatan telah melalui tahap awal yaitu menginternalisasi nilai-nilai dasar profesi ASN dan kemudian menyusun rancangan kegiatan yang akan diimplementasikan di tempat kerja dengan menerapkan kelima nilai dasar tersebut.
Tahap selanjutnya dari diklat prajabatan ini merupakan tahap aktualisasi nilai-nilai dasar di tempat kerja. Pada tahap ini peserta diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai dasar yang telah diinternalisasikan dan diimplementasikan dengan baik dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sebagai pelayan publik dan memberikan pengaruh  pada setiap kegiatan yang dilaksanakan. Untuk mencapai pelayanan yang prima, peserta dalam melaksanakan tugasnya harus bekerja keras dan cerdas yang dapat dipertanggungjawabkan, memiliki komitmen mutu, dan selalu berpikir inovatif serta memiliki etika dan membangun budaya kerja yang baik sehingga apa yang menjadi tujuan organisasi akan tercapai dan menjadi harapan masyarakat dapat terwujud.
Berdasarkan paparan di atas, ASN perlu membuat rancangan aktualisasi khususnya dalam pelayanan bidang pendidikan yang akan dilaksanakan di sekolah. Untuk itu Aktualisasi nilai-nilai dasar ini menjadi penting sebagai bukti bahwa seorang ASN khususnya sebagai seorang guru dapat mengerti dan menghayati nilai-nilai dasar profesi yang telah diberikan. Melalui kegiatan aktualisasi ini pula, sebagai seorang CASN, guru yang merupakan pendidik yang bisa menjadi teladan dilingkungannya diharapkan mampu menumbuhkan dan menyebarkan nilai-nilai ANEKA bukan hanya untuk CASN yang sedang mengikuti diklat prajabatan namun juga kepada para ASN yang berada di lokasi aktualisasi serta peserta didik yang berada di sekolah.

B.     Tujuan Aktualisasi Nilai – Nilai Dasar Profesi ASN
Dengan adanya aktualisasi ANEKA ini diharapkan ASN  dapat :

  1. Menjadi pelayan masyarakat yang mempunyai  profesionalisme yang selalu mengedepankan nilai dasar akuntabilitas dalam  tugas yang diembannya.
  2. Mempunyai semangat nasionalisme dalam melaksanakan tugasnya.
  3. Menjunjung tinggi etika yang baik dalam melayani masyarakat.
  4.  Memiliki komitmen mutu dalam tugas pokok dan fungsinya.
  5. Memiliki jiwa anti korupsi dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik.


C.    Manfaat Aktualisasi Nilai – Nilai Dasar Profesi ASN
Adapun manfaat dari aktualisasi nilai-nilai dasar profesi ASN antara lain:
Manfaat aktualisasi nilai-nilai dasar ANEKA yaitu:

  1. Diri sendiri: Menambah wawasan, pengetahuan dan menjadi pembelajaran sebagai ASN dalam rangka perbaikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional. 
  2.  Peserta didik: Menjadi contoh teladan yang baik dalam menumbuh kembangkan karakter positif yang ada pada diri peserta didik
  3. Organisasi: Menjadi tunas integritas yang membawa perubahan kepada organisasi dalam memberikan pelayanan yang lebih baik di masyarakat.
  4. Masyarakat: Menjadi pelayan masyarakat yang mampu dan bertindak profesional serta bertanggung jawab, sehingga masyarakat menjadi puas dengan pelayanan yang diberikan oleh ASN.
  5. Bangsa dan Negara: menjadikan bangsa dan Negara yang kuat dan maju didasarkan pada ASN yang memiliki karakter positif sesuai dengan nilai-nilai dasar ASN.


D.    Waktu dan Tempat Aktualisasi
Pelaksanaan Diklat Prajabatan CASN Golongan III Angkatan IX Kabupaten Pinrang berlangsung dari tanggal 23 November hingga 30 Desember 2015, dengan tahapan kegiatan sebagai berikut:

  1. Tahapan internalisasi, dilaksanakan tanggal 23 November – 11 Desember 2015 bertempat di kampus II Badan Diklat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.
  2. Tahapan Aktualisasi, dilaksanakan tanggal 12 – 29 Desember 2015 di SMA Negeri 1 Pinrang.
  3. Seminar Aktualisasi, dilaksanakan tanggal 30 Desember 2015 di Kampus II Badan Diklat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.   


Demikian uraian mengenai Contoh Laporan Prajabatan Guru Aktualisasi ANEKA: BAB I Pendahuluan, semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung ke portal kami. 

0 komentar:

Posting Komentar