Menyajikan Berbagai Info menarik meliputi Info Pendidikan dan Teknologi Informasi

Pelantikan Penegak Bantara dan Penerimaan Tamu Ambalan di SMAN 5 Pinrang




Urung, Ahad (25/08) Gudep SMAN 5 Pinrang melaksanakan Penerimaan Tamu Ambalan Tahun Pelajaran 2019/2020 sekaligus Pelantikan Penegak Bantara. Kegiatan ini dibuka pada hari Sabtu (24/08) pukul 10.00 WITA oleh perwakilan dari Kwartir Ranting Kec. Patampanua.

Dalam amanatnya , beliau berpesan agar setiap peserta didik dapat menjaga nama baik pribadi, gugus depan serta nama baik kwarran, serta selalu berpedoman pada tri Setya dan Berkepribadian Dasa Darma Pramuka.
Setelah upacara pembukaan,rangkaian kegiatan dilaksanakan dan materi diberikan kepada calon penegak yang akan dilantik menjadi penegak Bantara. Pada malam hari materi dibawakan oleh tamu undangan  dari Kwartir Cabang Kab. Pinrang.
Calon penegak Bantara yang akan dilantik terlebih dahulu melaksanakan jurit malam, Gunanya untuk melatih kepemimpinan, mengasah keberanian dan memecahkan masalah dalam waktu yang singkat dan juga berkerjasama. Kegiatannya diakhiri dengan renungan malam. Pagi hari pembina pramuka putra melantik 7 siswa menjadi penegak bantara dan pembina pramuka putri melantik 15 siswa menjadi penegak Bantara.
Peserta perkemahan yang akan diterima sebagai tamu ambalan, setelah sarapan pagi di lapangan utama SMAN 5 Pinrang mereka melaksanakan kerja bakti membersihkan halaman sekolah. Tepat pukul 10.00 mereka dipandu oleh kakak Purna Pramuka Ambalan Benteng Saddang dan Kakak Laksana Ambalan Benteng Saddang melakukan permainan olahraga ceria.

Setelah semua rangkaian kegiatan selesai, Sore hari dilakukan upacara penutupan sekaligus penerimaan tamu ambalan tahun pelajaran 2019/2020. Upacara ditutup oleh pembina Pramuka sekaligus pemasangan  kacu dan tali kur secara simbolis menandakan telah sah menjadi Pramuka penegak Ambalan Benteng Saddang Gudep SMAN 5 Pinrang.
Dalam kepramukaan, Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan yang wajib bagi siswa/siswi baru untuk melakukan pindah golongan, dari golongan penggalang yaitu tingkatan SMP ke golongan penegak yaitu tingkatan SMA. Selain itu untuk memperkenalkan kepada siswa tentang sejarah kepramukaan yang ada di Ambalan.
Selamat dan Sukses kepada kakak-kakak yang telah dilantik menjadi penegak Bantara dan kakak yang sah menjadi Penegak di Ambalan Benteng Saddang. (joaminovhat)

Berikut Serba-Serbi Kegiatan











0 komentar:

Posting Komentar